Tuesday, April 8, 2008

Pindahan

Teman-teman yang baik....Saya akan migrasi dari blogspot.....ke Wordpress.
Ini alamatnya...Mohon diganti linknya ok?????

randylim.wordpress.com

Monday, April 7, 2008

Meditasi Dua Panji

Sesuai dengan resolusi saya tahun ini, saya mengikuti suatu program spiritualisme untuk memperdalam rasa keimanan dan rasa kecintaan saya pada Tuhan. Ingat, pada Tuhan. Bukan pada agama. Meditasi dua panji. Begitu sebutannya. Berikut cara-cara yang saya tulis dalam bahasa sendiri dan bahasa Frater Febri tercampur menjadi satu.he3.. Meditasi dua panji menurut saya sendiri adalah suatu bentuk meditasi untuk menentukan piluhan kita secara fixed. kita tahu bahwa kita akan memilih sesuatu, namun itu hanya terbentuk pada diri kita karena banyak hal baik yang katanya berada di pilihan tersebut. Panji sendiri maksudnya adalah bagaimana kita akan mejalani hidup kita. How am I gonna live my life? Two standards help to purify the interest. It’s not I know which I’ll choose but to know what the best for me is.


Meditasi ini dimulai dari doa. Doa persiapan agar kita siap. Lalu setelah kita mendapatkan ketenangan jiwa, kita akan diajak bermeditasi dan berimajinasi. Terdapat dua panji. Yang satu panji Kristus, Panglima tertinggi dan Tuhan kita. Yang lain panji Lucifer, musuh kodrat kemanusiaan kita yang pantang berdamai. Kita pasti telah dibentuk untuk memilih panji Kristus, tapi kita tidak memiliki landasan yang bagus mengapa kita memilih-Nya. Sepertinya ada suatu hukum yang mengharuskan kita memilih panji itu, namun tanpa dasar yang kuat. Mari kita mulai saja meditasi Dua Panji ini. Lebih baik jika anda membaca semua sampai habis baru melakukan meditasi ini agar konsentrasi anda tidak terganggu.


Lakukan pertama kali kondisi Ladoda. Konsentrasi (mata, hidung, tangan, perabaan, atau yang lainnya) pada satu hal sampai serene (mencapai ketenangan).Tenang, damai, jernih. Hal yang bekerja untuk saya adalah music-musik instrumental yang membuat jiwa kita tenang. Lalu masuk ke dalam meditasi dan saatnya kita berimajinasi.


Pendahuluan 1. Kristus memanggil semua orang dan ingin agar semua orang berkumpul di bawah panjinya.


Pendahuluan 2. Membayangkan dalam angan-angan batin. Ada padang luas di Yerusalem. Di sana, panglima komandan tertinggi dari semua yang baik berdiri. Dialah Yesus Kristus. Di padang lainnya, yaitu Babilon, berdiri juga komandan pasukan musuh yaitu Lucifer. Ingat berimajinasi!!!!


Panji Setan. Terdapat panji setan. Panji yang jahat. Berpikirlah bahwa terdapat pimpinan musuh yang jahat, Lucifer, duduk dengan gagahnya di atas singgasana besar yang mewah dan mempesona. Seakan-akan tidak ada yang bisa mengalahkannya. Pasukan terhampar di seluruh Babylon dan rasanya tidak ada pasukan yang dapat mengalahkan pasukan tersebut.


Lucifer memanggil setan-setan bawahannya dan menyebarkannya ke seluruh penjuru dunia untuk menghasut, menghancurkan, dan menguasai dunia. Dia ingin menguasai dunia. Tidak ada yang terlewat oleh pasukan jahat itu.


Lucifer pun berpidato di depan mereka dengan hebat dan berapi-api. Membuat semua setan bersemangat dan terbujuk untuk memasang jerat-jerat kejahatan. Langkah pertama katanya adalah menjebak orang di dalam kekayaan, lalu membuat orang itu sombing dan angkuh. Akhirnya menjadi gila hormat. Lalu menggiring orang itu membawa semua kedurhakaan lainnya.


Kisah pun berlanjut ke Panji Kristus. Dengan cara yang sama kita membayangkan juga Panglima Tertinggi yang sejati, Yesus Kristus yang maha sederhana. Memikirkan bagaimana sikap Kristus Tuhan kita di padang luas Yerusalem, di tempat yang rendah, indah, dan menyenangkan.


Lalu memikirkan bagaimana Tuhan semesta alam memilih Para Rasul, muris-murid, dsb dan mengirimkan mereka ke penjuru dunia untuk menyebar ajaran-Nya yang suci kepada semua orang pun martabat dan keadaan mereka.


Lalu Yesus berpidato dengan penuh kelembutan. Tidak berapi-api, namun menarik hati. Dia menganjurkan kita supaya berusaha menolong semua orang. Pertama membimbing mereka kepada “kemiskinan” rohani yang memuncak. Lalu menimbang kea rah keinginan direndahkan dan dihina karena dari hal inilah timbul kerendahan hati. Jadi ada tiga tahapan, yaitu: kemiskinan melawan kekayaan, perendahan melawan kehormatan duniawi, ketiga kerendahan hati melawan keangkuhan. Melalui tiga langkah, Yesus membimbing mereka ke segala keutamaan lainnya.


Jelas sekali panji tersebut sangat bertentangan dan sudah siap untuk berperang satu sama lain.


Lalu keadaan berubah kembali.Kembali ke dimensi kita dan meninggalkan segala peperangan yang sedang terjadi antara dua panji tersebut. Kita memulai percakapan dengan Ratu kita, supaya dia mendapatkan dari Putera dan Tuhan rahmat agar kita diterima di bawah panji-Nya (jika kita sudah memilih panji). Dalam kemiskinan rohani yang memuncak, bahkan dalam kemiskinan lahir, apabila Allah yang Mahaagung berkenan dan rela memilih serta menerima diriku. Dan dalam menanggung perendahan dan kelaliman, agar dengan itu kita bisa mengikuti jejak-Nya. Kemudian ucapkan Salam Maria satu kali.


Percakapan kedua adalahdengan Putera. supaya Ia memperolehkan dari Bapa. Lalu mengucapkan Jiwa Kristus.


Ketiga adalah mohon yang sama kepada Bapa, agar Dia sendiri mengabulkanNya. Lalu berdoalah Bapa Kami.


Setelah itu semua, kita bisa merasakan ketenangan batin yang sangat besar, bahkan bisa mengubah jalan dan cara kita menjalani hidup ini. Jangan takut untuk mencoba. Sayapun butuh lima kali sampai saya yakin bahwa yang saya jalani adalah benar.

Saturday, March 29, 2008

Kakakku cuma satu...Rupa2 sifatnya

Yah jarang-jarang memuji seorang kakakku satu-satunya ini, kupuji deh sekali ini saja. Sedih juga rasanya melihat seorang kakakku satu-satunya itu sudah beranjak semakin dewasa dan bisa berpikir dewasa *loh koq sedih*.he3... Iy soalnya jadi ga bisa marah-marahin dy lagi. Ga bisa kasih "nasehat2" lagi. he3..Soalnya dia ud berusaha keras bahkan sepertinya lebih keras dari diri gw sendiri dalam mencapai cita-citanya. Semoga aja cita2nya itu membahagiakan keluarga.

Sedih juga sih melihat ternyata di dalam keluarga kecil kami yang amat sangat teramat kecil, hanya gw yang belum beranjak dewasa.(keluarga gw hanya seorang mama, kakak, aku, dan papa di atas sana). Jangan mengasihani gw yah...*I really really really really hate it* Gw tipe orang yang ga suka dikasihani. Gw cuma butuh teman berbagi, bukan teman karena kasihan...Lanjut...Jadi sejak bulan maret ini, kakakku sudah mulai bekerja di suatu kafe terkemuka di suatu pusat perbelanjaan terkemuka sebagai seorang supervisor. Halah...pake copyright segala...Sebut aja deh. Di kafe Oh La La di mal Taman Anggrek, lantai dasar, deket tangga, telepo....cukup2.

Sedih juga kalo berpikir hanya gw yang belum bisa memberi apa-apa buat keluarga gw tercinta ini. Memang banyak sih yang memuji gw pas masuk UI. "wah jarang loh yang bisa masuk", "wah hebat yah", "wah masa depannya pasti cerah tuh", "wah calon bos nih". Tapi rasanya itu cuma pujian sesaat doank. Soalnya belum pasti kan anak lulusan UI sukses (tapi semoga dan pasti gw menjadi salah satu lulusan UI yang sukses).

Sedih juga pas tadi melihat kakakku pergi kerja sementara gw di rumah cuma bisa diam ato jalan-jalan keluar gajebo gitu. Ngeliat habis kuliah, dia langsung pergi dinas.he3... Haah...Kapan yah gw bisa membuat "kejutan" buat keluarga gw? Memang bener sebuah kesuksesan itu akan terasa semakin sukses jika kita sudah pernah jatuh sedalam-dalamnya. Dan dia sudah pernah jatuh ke dalam lubang terdalam yang paling dalam yang bahkan belum pernah gw rasakan. Dia sudah pernah jatuh dan sangat kesakitan sementara gw belum pernah. Jadi mungkin itu yang membuat dia termotivasi.

Yah cuma satu yang bisa gw bilang. Semoga dia makin dewasa di kemudian hari dan ga salah lagi menentukan teman yang baik buat dia. Dan menurut gw sekarang teman-temannya amat sangat teramat baik sekali.he3... Thanks buat teman2nya (Tepha dkk) yang sudah menjadi teman yang baik buat dia. Teman yang membawa dia hidup baik dan senang. Teman yang membuat dia tersenyum dan tertawa dari hatinya. Jangan sampai dia mendapatkan "teman" yang bodoh, tolol, munafik, ga tau diri, jahat dan ga bertanggung jawab seperti beberapa tahun lalu itu. Gw doakan dia menjadi orang yang hebat dan sukses dan kalo bisa lebih sukses dari gw di masa depan n selalu didampingi teman-teman yang hebat seperti sekarang ini.

Oh iy buat mamaku juga. Supaya dia jadi seorang ibu yang hebat n bangga sama anak-anaknya.

Amin
Thanks God

Thursday, March 27, 2008

Kasih

Sesungguhnya ku tak perlu mengatakan ku mengasihi-Mu.
dengan seluruh perbuatanku kubuktikan ku mengasihi-Mu.

sumber: sebuah lagu

Sunday, March 23, 2008

Arti Paskah

Arti Paskah

Kita tidak tahu apakah benar Paskah jatuh pada hari ini atau jam berapa atau apakah pada saat itu benar-benar ada gempa, langit gelap, atau hujan seperti yang terjadi di rumah saya saat saya menunggu misa Sabtu Suci. Namun apakah hal itu begitu pentingnya sampai-sampai ada suatu perkumpulan yang menggembar-gemborkan bahwa Yesus disalib bertepatan pada hari Sabtu atau hari ini. Apakah sebegitu pentingnya hal itu sampai perkumpulan tersebut mengatakan bahwa kita salah. Bahwa kita tidak tahu tentang kebenaran. Bahwa mereka mendatangi saya dan menceramahi saya mengatakan bahwa saya salah? Bahwa mereka tahu yang sebenarnya? (Yang pada akhirnya saya balas menceramahi mereka).
Saya baru membaca bahwa 0.8 + 0.4 !=1.2. Hanya mendekati. jadi sedekat apapun kita dengan kebenaran, tidak ada yang tahu kebenaran itu sendiri.

Paskah sendiri untuk saya sendiri memiliki arti kemenangan. Kemenangan Yesus akan maut. Kemenangan Yesus akan dosa kita. Paskah juga berarti kebangkitan. Di saat ini bukan Yesus yang kita suruh bangkit kembali. Apakah kamu tega jika Yesus kita minta disalib lagi? Kita yang harus bangkit. bangkit akan segala kekurangan dan kekotoran kita. Tidak sampai menjadi suci, tapi cukup bersih dipandang Tuhan dan sesama. Dan saya sendiri belum cukup bersih dari hal-hal duniawi. Semuanya tahu kan maksud saya…he3..

Melanjutkan hal yang tadi, menjadi tidak masuk akal jika saat seperti ini orang-orang masih meributkan kapan tanggal sebenarnya Yesus disalib. Bukankah yang terpenting adalah hati kita? Masalah tanggal, tidak ada yang tahu. Bahkan masalah Yesus bangkit kembali tidak ada yang tahu. Mungkin saja pemikiran kita akan kebangkitan Yesus selama ini berbeda dengan kebangkitan Yesus yang sebenarnya. Seperti yang dikatakan dalam artikel ini, yang saya percaya hanya satu. Yesus bangkit. Titik.

Lalu masalah tanggal dan sebagainya, bukankah itu hanya sebagai simbol. Simbol bisa berbeda-beda. Namun pendalaman dan penghayatan kita yang sama. Itu yang harus kita samakan. Jika ada orang yang masih ribut hanya karena simbol, maka dia benar-benar tidak bisa mendapatkan arti sebenarnya dari simbol tersebut. Apakah salah jika saya menghayati kebangkitan Yesus saat Natal? Sangat benar. Tanggal dan simbol bukan segalanya. Yang terpenting adalah hati kita. Sementara saat ini manusia mulai kembali ke jaman saat Israel menyembah berhala. Simbol, barang, tanggal, makam, sejarah dan “kebenaran” dipertanyakan. Apakah itu yang diinginkan Yesus? Yang diinginkan Yesus buka itu. Bahkan menurut saya Yesus pasti berpikir lebih baik Dia tidak diingat asal ajaran-Nya diingat. Cinta kasih yang diingat. Simbol itu hanya dibuat manusia. Yang terpenting adalah maksud simbol tersebut, bukan bentuk simbol tersebut. Salib dari kayu lebih baik dari salib emas jika salib emas itu dipakai untuk membunuh orang lain. Orang kafir yang mencintai Tuhan apa adanya lebih baik dari orang beragama yang begitu fanatis terhadap hal-hal yang sebenarnya”tidak begitu penting”.

Yang terakhir adalah hidup kita. Apakah dengan mengeksklusifkan diri sebagai orang yang tahu kebenaran, maka kita akan diselamatkan? Salah. Orang yang bertindak benar yang akan diselamatkan. Bukan orang yang berpikir benar. Kebenaran itu sendiri harus dirasakan, bukan dihitung-hitung atau dibuat-buat. Yang penting adalah merasakannya dan memberikan semangat kebangkitan itu pada diri kita pertama dan orang lain pada akhirnya. Jadi Paskah itu bukan hanya acara tahunan Katolik yang lewat begitu saja, tetapi saatnya kita merasakan semangat Paskah itu sendiri. Bukan mencari tahu kebenaran tentang kapan, di mana, siapa, bagaimana Yesus disalib, tetapi mengapa Yesus rela disalib untuk kita. Apa tujuan-Nya? Demikian. Semoga membantu orang-orang yang salah mengerti akan Paskah. Biarkan para ahli sejarawan yang bekerja mengenai hal-hal sejarah tentang Paskah. Untuk kita, cukup satu hal. Menghayati arti dari Paskah itu sendiri.

Salam,

Randy Halim

Simple Life

Yang dilakukan oleh Mrs Paris Hilton n temannya itu bukanlah simple life. Simple life menurut saya adalah hidup tanpa beban. Hidup tanpa terlalu mengkhawatirkan hidup kita. Yang perlu kita lakukan adalah berusaha dan berpikir positif. menurut The Secret. he3.

Yang terpenting adalah hidup sesuai yang kita inginkan. Kalau paling mungkin adalah hidup sesuai hobi anda. Contohnya adalah teman saya yang satu ini. Dia hidup dari hobinya terhadap musik dan menurut saya dia lebih bahagia dari teman-teman saya yang lain yang terlalu terbebani dengan kuliah sehingga mereka tidak bisa menyalurkan hobi mereka. Hobi saya sendiri masih dalam tahap pencarian. Jadi sampai sekarang simple life yang saya anut masih berupa tidak terlalu terbebani dengan maaslah-masalah yang ada dan berpikir positif tentang segala hal.

"You are what you think. You feel what you want."

Menurut saya kuliah memang sangat penting dan menjadi hal yang berguna bagi setiap anak sekarang ini. Namun yang terjadi sekarang adalah kita terlalu "mentuhankan" kuliah kita sampai-sampai kita melupakan bahwa kita amsih punya kehidupan yang lain. Kita semua tidak bisa seperti teman saya yang satu ini lagi yang selain bisa menyalurkan hobinya tapi juga bisa mendapatkan prestasi yang bisa dibilang sangat hebat. Tapi kita bisa memilih entah menjadi orang yang terbebani atau menjadi orang yang bebas. You are what you think. You feel what you want.
"Choose a job you love, and you will never have to work a day in your life."
Confucius

Kakek Confucius saja berbicara seperti itu. Ikutilah Confucius. Jangan ikuti Confuse-ius. Saya sendiri terus terang sampai sekarang belum menemukan ketertarikan yang pasti terhadap bidang-bidang komputer. Saya sedang dalam tahap pencarian. Kristine W. pernah bernyanyi Feel What You Want. Rasakanlah apa yang paling anda inginkan. Pikirkan hal itu. Jalanilah hal itu. Maka hidup anda akan bahagia. Mungkin belum tepat bagi saya untuk berkata demikian karena saya baru menjalani hidup saya yang masih "enak" tapi sedikit pemikiran saya ini semoga berguna bagi orang-orang yang "terlalu keras" berusaha di bidang yang sebenarnya tidak diminatinya sama sekali. Lebih baik berputar haluan sekarang daripada terlambat sama sekali dan anda tidak dapat menikmati hidup anda.

Anda mau kan hidup secara simple life?

P.S: pesan ini tidak berlaku untuk anak-anak Fasilkom yang mendapatkan kebahagiaan dalam programming, karena menurut saya orang itu berarti sudah menjalani simple life

Friday, March 21, 2008

Catatan Napak Tilas

8 jam aku berjalan
Banyak hal baru
Teman
Pengalaman
Foto-foto
Makanan
Kebanggaan
Kepuasan

Namun di lain hal itu
Adakah ku dapat sesuatu?

Ya...
Ternyata aku begitu lemahnya
Begitu lemahnya dibandingkan Dia
Begitu sering mengeluhnya dibanding Dia
Begitu berdosanya dibanding Dia
Dia yang telah berkorban untuk kita

Saat ini Dia masih menunggu
Dalam gelap dosa kita
sampai hari ketiga
muncul Kabar Gembira

Suatu saat akupun akan berkorban
Bukan untuk seluruh manusia
Namun cukup seorang saja
Untuk pertama kalinya

SELAMAT PASKAH SEMUANYA